Waspada Flu Saat Musim Hujan

0
124

Awal tahun merupakan puncak musim hujan di Indonesia, temperatur yang cenderung rendah tentunya sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, tubuh secara otomatis akan bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan temperatur yang ada. Dan pada saat itu pula daya tahan tubuh akan melemah terhadap serangan bakteri atau virus penyebab penyakit. Maka dari itu pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan harus lebih terjaga dengan selalu membiasakan sikap hidup yang sehat. Jika tidak serangan penyakit musim hujan seperti flu akan mudah menyerang

Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah, sakit kepala, batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, demam dan sakit tenggorokan.

Umumnya flu tidak memerlukan perawatan atau pengobatan khusus dan akan sembuh dalam waktu singkat, namun karena flu sangat mudah menular dan memiliki waktu inkubasi yang singkat, agar tak terserang flu yang dapat mengganggu produktivitas simak beberapa tips yang dirangkum oleh liputan depok:

Konsumsi makanan bergizi.
Mengonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang harus diperbanyak untuk dikonsumsi antara lain sayuran dan buah-buahan. Pilih sayur dan buah berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyak pula mengonsumsi protein seperti telur atau ikan, guna menjaga sistem imunitas.

Usahakan tubuh agar tetap terhidrasi.
Optimalkan konsumsi air minum lebih dari delapan gelas dalam sehari, agar tenggorokan bersih dari kuman penyebab flu. Selain itu air minum juga dapat disajikan dengan hangat dan dicampur jahe. Minuman jahe ini efektif untuk menghangatkan tubuh dan mencairkan lendir saat flu.

Mencuci tangan
Karena flu sangat mudah menular maka dianjurkan untuk mencuci tangan menggunakan air dan sabun, jika kesulitan mencari air gunakanlah hand sanitizer. Kegiatan sederhana ini bisa membantu menyingkirkan virus flu pada anggota badan yang paling aktif menyebarkan kuman ke dalam tubuh, yakni tangan. Benda-benda disekitar yang disentuh tak pernah kita tahu sebelumnya dipegang oleh siapa. Bisa jadi, benda itu telah disentuh oleh orang yang sedang sakit.

Kenakan masker
Saat musim hujan, besar kemungkinan banyak orang disekitar kita terkena flu. Agar tubuh tetap terlindung dari flu kenakan masker terutama saat berada di tempat umum.

Tidur yang cukup.
Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stres yang menyebabkan tubuh meradang sehingga rentan pada virus. Tidurlah sekitar 7 hingga 9 jam agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga saat musim hujan.

Vaksin Flu
Vaksin adalah cara efektif untuk melindungi tubuh dari serangan flu, vaksin flu mudah didapatkan pada rumah sakit atau penyedia jasa kesehatan terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here