Tol Bakauheni Sepanjang 14 Km Diresmikan Jokowi Pagi Ini

0
132

Pagi ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun Bakauheni.

Dari informasi yang diterima Liputandepok.com, Minggu (21/1/2018) beberapa kegiatan protokoler telah disiapkan sejak pukul 06.30 WIB.

Beberapa menteri dijadwalkan akan mendampingi presiden, seperti Menteri BUMN Rini Soemarno serta Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.  Dan juga dijadwalkan hadir Direktur Utama Hutama Karya, I Gusti Ngurah Putra dan Direktur Utama PTPP Tumiyana.

Presiden akan meresmikan tol yang merupakan salah satu seksi dari paket 1 Bakauheni – Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,9 km.

Siang nanti, Jokowi juga dijadwalkan untuk meresmikan Tol Trans-Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Segmen Simpang Susun Lematang – Simpang Susun
Kotabaru.

Ini adalah salah satu seksi dari Paket 2 Sidomulyo – Kotabaru, yaitu seksi 5 Segmen Simpang Susun Lematang-Simpang Susun Kotabaru sepanjang 5,64 km.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi 4, yakni sebagai berikut:

Paket I (Bakauheni-Sidomulyo) yang terdiri dari Seksi 1-3 dengan paanjang 39,40 km

Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) yang terdiri dari Seksi 4-5 dengan panjang 40,6 km

Paket 3 (Kotabaru-Metro) yang terdiri dari Seksi 6-7 dengan panjang 29 km

Paket 4 (Metro-Terbanggi Besar) yang terdiri dari Seksi 8-9 dengan panjang 31,93 km

Secara kseluruhan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar ditargetkan beroperasi pada Juli 2018. Dengan total sepanjang 140,9 Km. Dengan biaya yang diprediksi mencapai Rp. 16,8 triliun. Saat ini pengerjaannya telah mencapai 95%, sedangkan progres fisik telah mencapai 65,65%. (FG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here