Jawa Barat dan Sekitarnya dilanda Gempa

0
138
Jawa Barat dan Sekitarnya di landa Gempa

Liputandepok.com – Berdasarkan hasil laporan tim redaksi liputandepok.com telah terjadi gempa berkekuatan 6,4 skala Richter yang berpusat gempa berada di Lebak, Banten. Hal ini memicu gempa di beberapa daerah seperti Jakarta, Sukabumi, Tangerang dan Kota lain sekitarnya.

Informasi yang kami dapatkan dari BMKG, gempa tersebut terjadi pada hari Selasa (23/1/2018), pukul 13.34 WIB. Pusat gempa berada di 7,21 Lintang Selatan dan 105,91 Bujur Timur tepatnya di 81 km Barat Daya Lebak, Banten.

Moch Riyadi selaku Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, mengatakan bahwa dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, dan Bogor.

Hal senada juga diutarakan oleh Ghea “Saya merasakan gempa kenceng banget, sampai-sampai saya keluar rumah ” ujar ghea salah satu warga sukabumi, Jawa Barat.

“Gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia,” ujar Moch Riyadi selaku Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG dalam siaran persnya.

Hingga pukul 13.46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan yang dikhawatirkan khalayak ramai. BMKG memastikan gempa yang terjadi saat ini tidak menimbulkan bencana tsunami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here