Depok Memasuki Masa Bonus Demografi

0
125

Depok merupakan salah satu wilayah strategis di Provinsi Jawabarat, serta letak secara geografis yang menjadi kota penyangga Ibu Kota Jakarta. Status inilah yang membuat Depok memiliki nilai lebih akan tetapi tidak serta merta membuat Depok terlepas dari persoalan seperti hal nya kota kota lain. Berdasarkan dari data BPS kota Depok , bahwa lebih dari setengah penduduk kota Depok memasuki usia produktif.

Berkaca dari hal tersebut sudah semestinya Pemkot kota Depok menyiapkan antisipasi jangka pendek dan jangka panjang agar bonus demografi tidak menjadi boomerang tapi berubah menjadi peluang dengan potensi-potensi yang ada.
Hal yang paling memungkinkan dalam jangka pendek untuk dilakukan pemerintah kota Depok adalah penyediaan lapangan pekerjaan serta mendorong UMKM agar lebih berkembang.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kota Depok menilai perkembangan ekonomi di wilayahnya cukup pesat namun kurang menyentuh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM).
Kontinuitas dalam pengembangan UMKM sangat dibutuhkan serta pembinaan kepada masyarakat ekonomi menengah kebawah, agar tidak hanya pengusahan yang memiliki modal besar yang bermain diwilayah Depok. UMKM dapat menjadi jawaban dari tantangan bonus demografi serta dapat menurunkan angka kemiskinan apabila digerakan oleh masyarakat menengah kebawah.

Selain itu persiapan Sumber daya manusia memang sangat dibutuhkan, memasuki masa dimana Depok dibanjiri oleh penduduk yang berada pada usia angkatan kerja. Persaiangan semakin kompetetif tidak hanya sesama penduduk Depok tapi juga penduduk disekitaran daerah Depok seperti Bogor, Bekasi dan Tangerang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here