BIPOLAR : Gangguan Mental yang Akrab dengan Para Pesohor

0
107

Dunia musik berduka, penyanyi internasional Dolores O’Riordan yang merupakan vokalis band The Cranberries meninggal dunia diusia 46 tahun pada Senin 15 Januari 2018 waktu London. Penyanyi yang mendunia dengan hits “Zombie” ini ditemukan tak bernyawa di sebuah Hotel di Park Lane saat sedang berada di London untuk sesi rekaman.

Pernyataan humas Cranberries menggambarkan kematian Dolores itu terjadi tiba-tiba. Mereka juga menambahkan, “Anggota keluarga hancur mendengar berita tersebut dan kami meminta semua pihak menghargai privasi keluarga Dolores di saat yang sangat sulit ini.”

Sebelumnya Dolores dikabarkan mengidap Bipolar pasca kasus percobaan penyerangan yang dilakukannya kepada seorang pramugari di penerbangan maskapai Aer Lingus dari New York ke Shannon, Irlandia 2014 silam.

Untuk mengatasi depresinya, Dolores juga membuka sisi kelam kehidupannya dengan menceritakan kebiasaannya mengonsumsi alkohol untuk menenangkan diri.
“Saya sering baik-baik saja dan bisa bertahan, tapi terkadang saya ‘hit the bottle’ (konsumsi alkohol). Namun kemudian semuanya bahkan lebih buruk ketika pagi. Saya melakukannya jika memori buruk mulai memburu dan saya tak bisa mengendalikannya. Saya akan mabuk gila-gilaan. Itulah kesalahan terbesar saya,” ujarnya.

Adapun bipolar merupakan gangguan mental yang menyerang kondisi psikis seseorang yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem berupa mania dan depresi, fakta yang mengejutkan bahwa gangguan bipolar cukup banyak diderita oleh para pekerja kreatif atau para pesohor.

Selain Dolores, setidaknya ada 5 artis yang mengidap gangguan bipolar, yaitu :

Marshanda
Aktris Indonesia, Marshanda pernah mengejutkan banyak pihak setelah meluapkan emosi kesedihan dan kemarahan dalam rekaman video yang dipublikasikan di YouTube tahun 2009. Banyak yang menduga aktris cantik ini mengalami gangguan mental hingga pada suatu hari Marshanda buka suara tentang Bipolar yang ia idap melalui Instagram pribadinya beserta pesan positif untuk menyemangati para penderita bipolar seperti dirinya.

Britney Spears
Si Pop Princess, Britney Spears pada 1999 mengatakan pada media bahwa dirinya mengalami mood swing yang sangat ekstrem hingga tak jarang dia tak mengenali dirinya sendiri ketika Britney menggambarkan dirinya sebagai orang yang riang. Namun pemenang Grammy ini mengatakan juga bahwa terkadang menjadi benar-benar pemalu dan tertutup.

Kurt Cobain
Penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana Kurt Cobain mengalami bipolar lagunya yang berjudul ‘Lithium’ disebut-sebut merupakan mood stabilizer yang digunakan dalam pengobatan gangguan bipolar. Dalam sebuah wawancara dengan Chris Morris Kurt mengatakan bahwa lagunya adalah tentang: “putus dengan pacar dan memiliki hubungan buruk, merasa bahwa kematian berarti bahwa orang yang ada dalam lagu itu merasa sangat kesepian, dan sakit.”

Demi Lovato
Penyanyi Internasional Demi Lovato secara terbuka menyatakan dirinya mengidap gangguan bipolar. ia ingin menunjukkan, orang dengan bipolar sepertinya juga bisa hidup dengan baik. Menentang diskriminasi, lovato melakukan kampanye The Be Vocal Collection. Kampanye tersebut mempromosikan dokumentasi foto kehidupan orang dengan gangguan jiwa, seperti bipolar, depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya.

Marilyn Monroe
Marilyn Monroe mengalami depresi berat (gangguan bipolar) dalam hidupnya. Peristiwa pertama yang menggoncang hidupnya adalah saat ibunya meninggal. Dia juga menderita depresi karena berbagai masalah pernikahannya, terutama perceraiannya dengan Arthur. Marilyn sering meledak dalam kemarahan dan agresif. Dia selalu bersikap defensif dan berhati-hati terhadap siapa saja yang datang padanya.

Banyaknya aktris yang mengidap gangguan bipolar menandakan bahwa dukungan dari orang sekitar rupanya penting untuk para penderita Bipolar. Karena seorang aktris terkadang terlihat baik-baik saja dihadapan para penggemarnya tapi juga sering merasa sangat depresi dan sangat membutuhkan perhatian diwaktu bersamaan. (Ghea Aprili Hafsah S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here