Gerhana Bulan Total akan berlangsung pada akhir Januari 2018. Fenomena langka ini sangat spesial karena tiga peristiwa gerhana bulan berlangsung secara berturut-turut dan disebut peristiwa Super Blue Blood Moon. Blue Moon merupakan penamaan bulan purnama yang terjadi ke 2 kali dalam satu bulan, selain itu bulan juga akan tampak lebih besar karena berada pada jarak terdekatnya dengan bumi (Supermoon) dan akan berwarna kemerahan seperti darah (Blood Moon).

Adapun proses berlangsungnya gerhana ini diperkirakan selama 5 jam 20,2 menit yang terdiri dari 7 fase yaitu Gerhana Mulai, Gerhana Sebagian Mulai, Gerhana Total Mulai, Puncak Gerhana, Gerhana Total Berakhir, Gerhana Sebagian Berakhir dan Gerhana Berakhir. Sedangkan untuk fase yang paling terlihat yaitu fase Gerhana Total Mulai hingga Gerhana Total berakhir berlangsung selama 1 jam 16,8 menit dimulai pukul 18:48 WIB dan akan terlihat gelap kemerahan pada pukul 19:52.

Himbauan shalat Gerhana untuk umat Islam banyak diserukan seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Kemenag Aceh yang memberikan surat edaran ke masjid-masjid untuk melakukan shalat Gerhana. Beberapa tempat di DKI Jakarta dijadikan titik lokasi pengamatan yaitu Setu Babakan, Planetarium dan Observatorium Jakarta, Tugu Monas, Taman Fatahillah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kawasan Ancol dan Kepulauan Seribu.

Fenomena langka ini terakhir terjadi pada 152 silam yaitu 31 Maret 1866, oleh karena itu jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan ya !.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here