Waspada Timbul Penyakit Pasca Banjir, Cegah dengan Cara Ini

Waspada Timbul Penyakit Pasca Banjir, Cegah dengan Cara Ini
Waspada Timbul Penyakit Pasca Banjir, Cegah dengan Cara Ini

Liputandepok.com – Bencana banjir terjadi di sejumlah daerah di Jabodetabek, tidak terkecuali di Kota Depok. Namun tidak separah di Jakarta, Bekasi dan Bogor. Tingginya intensitas hujan menjadi pemicu terjadinya banjir.

Ketika banjir melanda resiko timbulnya serangan penyakit tertentu menjadi meningkat. Faktanya, ada beberapa penyakit langganan yang sering menyerang ketika banjir akibat virus dan bakteri seperti E.coli, Salmonella dan virus lain penyebab tifus, paratifoid dan tetanus.

Penyakit yang Wajib Diwaspadai saat Banjir

Beberapa jenis penyakit langganan ketika bencana banjir datang yang harus diwaspadai adalah:

1. Penyakit Kulit

Penyakit kulit adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi akibat infeksi jamur, kurap dan kudis. Genangan air banjir pun beresiko menyebabkan seseorang mengalami gatal hebat di permukaan kulit.

2. Diare

Banjir bisa memicu diare, karena ada kemungkinan penyebab penyakit ini ada di genangan banjir. Penyakit ini disebabkan seseorang yang mengalami gejala berupa sakit perut, BAB yang encer, serta kram pada perut. Pada kasus yang lebih parah, diare bisa menyebabkan demam, dehidrasi, dan keluarnya cairan bercampur darah dan lendir dari dalam tubuh.

3. Demam Berdarah

Penyakit lain yang beresiko muncul adalah Demam Berdarah (DBD), penyakit infeksi akut ini ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Genangan air banjir dapat menjadi tempat tinggal favorit nyamuk ini, maka membuat DBD menjadi penyakit yang mudah menyerang. Penyakit ini dapat menyebabkan pengidapnya mengalami demam yang cukup tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi kemudian muncul ruam.

4. Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Infeksi saluran pernafasan akut atau dikenal ISPA terjadi akibat adanya infeksi pada saluran pernafasan, seperti hidung, paru paru dan tenggorokan. Penyakit ini akibat virus, bakteri atau organisme lain yang muncul akibat lingkugan yang tidak sehat seperti banjir. Gejala utama penyakit ini adalah flu umu, contohnya batuk dan demam serta sesak nafas atau nyeri di bagian dada.

5. Malaria

Penyakit malaria muncul akibat genangan air ketika banjir membuat nyamuk cepat berkembang biak. Penyakit ini ditandai dengan gejala demam, menggigil dan lemah.

Cara Mencegah Penyakit Pasca Banjir

Untuk menghindari bisa lakukan pencegahan sebelum terjadi. Cara yang dilakukan dengan menghindari kontak kulit dengan air selokan, terutama kulit luka. Sebisa mungkin tubuh tetap bersih dan juga tertutup.

Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di posko-posko yang disediakan saat bencana banjir. Dengan begitu, kamu akan mengetahui resiko penyakit lebih cepat dan menghindari penyebaran yang lebih parah. (gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here