Memaksa Warga Beri Sumbangan, 2 WNA Pakistan Diamankan Polisi

Memaksa Warga Beri Sumbangan, 2 WNA Pakistan Diamankan Polisi

Liputandepok.com – Dua Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan dengan inisial FG dan MAG diamankan petugas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok.

Kedua WNA diamankan akibat memaksa warga untuk memberi sumbangan di wilayah Depok, yang menjadi korban adalah Pengurus masjid, musholla dan warga.

Akibat ulah WNA ini warga menjadi resah dan perbuatan kedua WNA ini viral di media sosial belakangan ini.

“Penangkapan dua WNA Pakistan ini berawal informasi dari warga yang viral di media sosial (Depok24Jam) meminta minta secara paksa. Kami amankan di sebuah masjid sekitar Margonda, ” kata Kasubsi Intelijen Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok Joko Ardianto Wibowo, Jumat (27/12/2019).

Joko Ardianto menjelaskan dari hasil pemeriksaan kepada WNA asal Pakistan ini, mereka mengaku memiliki izin tinggal untuk beberapa kali perjalanan melalui penjamin PT. GTI.

Akan tetapi, setelah didalami mereka ini tidak mengetahui keberadaan PT. GTI sehingga disinyalir PT tersebut mendatangkan orang asing tidak memiliki tujuan yang jelas.

“Setelah kami dalami mereka meminta minta ke Indonesia untuk mengumpulkan uang, yang nantinya dikirim ke suatu lembaga yang berada di Pakistan bernama Madrasa Arabiah. Mereka mengumpulkan uang lalu mengirimkan hasil pungutan tersebut melalui western union ke seseorang bernama ABG yaitu seorang warga negara Pakistan juga, ” jelas Joko.

Menurut Joko WNA tersebut menggunakan visa D212, dimana mereka hanya diperbolehkan tinggal selama 60 hari. Lalu pergi ke negara lain dan kembali lagi ke Indonesia untuk mencari uang.

“Kami lihat dua WNA ini sudah dua kali ke Indonesia, ” kata dia.

WNA asal Pakistan ini akan diherat Pasal 122 huruf A dan B Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dengan hukuman penjara paling lama 5 tahun denda Rp.500 juta.

“Mereka ini terbukti menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan, ” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here